Sunday 23 April 2017

Membuat Desain Rumah Yang Memiliki Tingkat Resiko Gempa Tinggi

Sebagian wilayah di indonesia merupakan wilayah dengan tingkat resiko tertinggi diantara bebarapa wilayah di daerah indonesia.Mengamati dari sejumlah kasus gempa besar yang pernah terjadi di wilayah indonesia ternyata sebagian bangunan yang terkena dampak gempa belum memenuhi persyaratan bangunan tahan gempa

Menyikapi hal itu,mulai dari sekarang jika membangun rumah tentunya kita harus mendesain rumah tersebut supaya tahan terhadap gempa.Rumah yang di maksud tahan gempa ialah


di goyang gempa ringan bangunan tahan gempa tidak menimbulkan kerusakan apa-apa
di goyang gempa ringan bangunan tahan gempa hanya mengalami kerusakan pada elemen non struktural saja,
di goyng gempa besar,bangunan tahan gempa boleh mengalami kerusakan pada elemen non struktural maupun struktural tapi bangunan tersebut harus tetap berdiri dan tidak runtuh.

Ada 10 syarat untuk bisa membangun Rumah tahan gempa,mungkin bisa di jadikan inspirasi bagi yang ingin membuat rumah.

1.Dalam membangun rumah harus terletak di atas permukaan yang rata

mengingat tanah sebagai penerus getaran saat terjadinya gempa,sebisa mungkin tanah yang anda bangun harus di tanah yang stabil.Ciri-ciri tanah yang stabil yaitu tanah bertekstur keras,padat & merata kekrasannya.

2.Rancanglah Rumah dengan sederhana

Tidak perlu terlalu wah,yang terpenting dalam membangun rumah yaitu kekuatan konstruksi Rumah itu sendiri.misal jika anda terpaksa membangun rumah dengan bentuk denah yang tidak simetris seperti bentuk U,L,T dll maka anda perlu memisahkan struktur tersebut.Seperti contoh



selain itu penempatan dinding-dinding penyekat dan lubang pintu juga harus di perhatikan.Sebisa mungkin penempatan pintu dan jendela harus simetris


pada pembuatan bidang-bidang dinding sebaiknya membentuk kotak-kotak tertutup supaya dinding yang lainnya bisa saling berkaitan.


untuk pembuatan atap sebisa mungkin anda membuat atap yang ringan





3.Pondasi
Hal yang terpenting dari membuat rumah adalah pondasi karena pondasi adalah tumpuan dari semua struktur rumah,jika pondasi kita tidak kokoh maka jika terjadi gempa bangunan ini akan mudah runtuh.sebelum anda membangun pondasi perhatikan kontur tanah nya di karenakan untuk membuat pondasi yang baik tanah itu harus keras,kalo tidak keras tanah akan cepat amblas.Kedalaman pondasi harus di perhatika,pondasi yang bagus adalah pondasi yang terletak di kedalaman 45cm dari tanah asli.


4.sebaiknya membuat pondasi di buat menyambung pada rumah yang akan di buat.Pondasi dinding kamar juga harus di buat menyambung dengan dinding lainnya,pondasi tersebut harus di ikat supaya tidak patah dengan memakai balok pengikat yang di sebut sloof.Pastiksn selalu pondasi,sloof dan kolom harus terikat antara satu dengan yang lain.




5.pada setiap luasan dinding 12 m2,harus di pasang kolom,bisa menggunakan bahan kayu,beton bertulang,baja ,plester maupun bambu.



6.Rumah harus di pasang balok pada sekeliling bangunan yang di ikat kaku dengan kolom sehingga kerangka bangunan sehingga dapat terikat dengan kokoh dan kuat.

7.pada bagian atap rumah bisa menggunakan kayu kerng maupun baja ringan sebagai kontruksi kuda-kudanya,sebisa mungkin pada atapnya memilih bahan yang ringan.Untuk pemasangannya ikatlah konstruksi pada kuda-kuda supaya atap tidak melorot pada waktu di guncang gempa.

8.Pilihlah bahan dinding dengan bahan ringan seperti papan,papan berserat,papan lapis dll,bilik di ikat dengan kencang dinding tersebut dengan kolom.Bila menggunanakan dinding bata/batako,ada baiknya anda memilih bata yang tidak mudah patah.

9.untuk membuat rumah yang kokoh perhatikan bahan spesi/adukan,beda adukan semen bisa berbeda kekuatan akan bangunan itu karena setiap jenis tras,pasir dan semen mempunyai sifat yang berbdeda.Untuk itu supaya bangunannya tahan gempa pilih jenis tras,semen dan pasir dengan kualitas yang baik,perbandingan campuran mengikuti standar yang ada.

10.Bangunan tahan gempa memiliki komponen-komponen keterikatan antara satu dengan yang lain,baik antara struktural maupun non struktural.

ketika membangun rumah di wilayah yang memiliki tingkat resiko gempa yang tinggi,rumah yang di bangun bukan hanya keindahannya saja tapi juga harus di pikirkan apakah rumah itu bisa tahan gempa atau tidak.Untuk itu perhatikan lah hal-hal tulisan di atas supaya rumah anda tahan gempa.Demikian artikel yang saya buat semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.


0 comments

Post a Comment